Raja Salman Instruksikan Evaluasi Total Manajemen Keamanan Haji

9/25/2015

Raja Salman Instruksikan Evaluasi Total Manajemen Keamanan Haji

Tags

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz menginstruksikan untuk mengevaluasi total manajemen keamanan haji setelah setidaknya 717 orang meninggal dalam desak-desakan saat jamaah ingin melempar jumroh di Mina, Kamis (24/9) kemarin.
Selain korban meninggal 717 orang, 863 lainnya mengalami luka dalam insiden di Mina tersebut. Ini adalah insiden musibah haji paling terburuk dalam 25 tahun terakhir. Tiga jamaah haji asal Indonesia turut meninggal dalam tragedi Kamis (24/9) kemarin.
Raja Salman mengatakan, perlunya peningkatan pengelolaan manajemen haji. “Perlu perbaikan di level organisasi dan manajemen dari pergerakan jamaah,” tegasnya seperti dikutip BBC, Jumat (25/9).
Pemerintah Arab saudi telah membentuk sebuah komisi untuk menyelidiki insiden tersebut. Komisi dibentuk untuk menginvestigasi tabrakan massa di persimpangan Jalan 204 dan Jalan 223 itu.
Menurut Menteri kesehatan Saudi, Khalid al-Falih, banyak jamaah yang bergerak di luar jadwal yang ditentukan otoritas Saudi, mengakibatkan terjadinya insiden tersebut.
Seperti diberitakan sebelumnya, awal kejadian ada sekelompok jamaah yang tiba-tiba berhenti, menyebabkan terjadinya penumpukan dan berdesak-desakannya jamaah di belakangnya. (mus)