Untuk Satukan umat Islam, Turki Akan Adakan Konferensi Penyatuan Kalender Islam

7/04/2015

Untuk Satukan umat Islam, Turki Akan Adakan Konferensi Penyatuan Kalender Islam

Tags

Guna menyatukan umat Islam saat menentukan awal bulan hijriyah dan upaya untuk menyamakan kalender Islam, terutama ketika ada hari-hari penting seperti penetapan awal Ramadhan dan hari raya Idul Fithri dan Idul Adha, maka Kementerian Agama Turki rencananya akan mengadakan konferensi “Penyatuan Bulan Komariyah dan Kalender Hijriyah Internasional” pada bulan Maret tahun 2016.
Dilansir dari Akhbar Elyoum, pada Rabu (24/6), Kementerian Agama Turki berharap dengan adanya konferensi tersebut bisa menjadi menyatukan kalender Islam. Rencananya dalam acara tersebut akan diundang para pakar ilmu syar’i dan astronomi dari berbagai negara Islam. Nantinya diharapkan konferensi tersebut bisa membuat hasil ilmiah, dengan pembahasan dari segi syar’i, astronomi maupun ekonomi.
Dalam konferensi tersebut Prof DR Yavuz Unal menjadi Sekretaris jenderal. Beliau juga dikenal sebagai anggota Dewan Tertinggi Urusan Agama Turki. Dalam konferensi tersebut nantinya direncanakan akan diterjemahkan ke dalam tujuh bahasa, yaitu Turki, Arab, Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis dan Rusia. (fimadani)