Ketika Santri 'Menipu' Setan

7/11/2015

Ketika Santri 'Menipu' Setan

Seorang santri pesantren salaf suatu hari baru saja mendengar penjelasan dari Gurunya bahwa kalau kita tidak membaca "bismillah" sebelum makan, maka setan akan ikut makan bersama kita. Maka itu, malam itu dia berniat ngerjain setan....
Dia-pun ngliwet nasi dalam jumlah besar. Teman-temannya yg melihat itu segera berkomentar bahwa malam itu mau ada makan besar, tentu dengan senyum dia menjawab "iya...dan kalian saya undang..."
Malam itu seperti kebiasaan santri salaf, nasi pun dituangkan di tempat makan yang lebar sekali, cukup untuk makan beberapa orang. Lalu masuklah sambel favorit para santri, sambel terong campur teri. Tanpa setahu teman-temannya, sambel ini memang sudah diracik seenak mungkin tapi juga puuuedes ga karu-karuan. Lalu dicampurlah sambel itu pada nasi liwet yang hangat....
"Nah...sekarang silahkan makan dan dinikmati sambel sama nasinya....syaratnya satu : KALAU MAKAN TIDAK BOLEH BACA BISMILLAH....!!"
"Lho, gimana to kamu ini, makan ya harus baca bismillah lah...kalau enggak ga nyunnah to...." temannya heran.
"Sudahlah...ikuti kata saya...jangan baca Bismillah...yang mau baca Bismillah ga usah ikut makan...!!!" Tegas sang santri.
Lalu mulailah teman-teman itu makan dengan tanpa Bismillah. Meski dengan penuh tanda tanya, temannya pun melahap nasi hangat plus sambel teri terong yang lezat dan pedas itu. Sesuap dua suap mereka menikmati sekali, lalu pada suapan berikutnya mulailah cabe yang dimasak pada sambel itu menunjukkan aksinya....
"Sssssshhhh.....shhhh....wuuuiikk pedes banget ni sambel...enak sih...tapi pedes buanget...!!!" seru temannya
"Nikmatin saja dulu...yang penting enak to..."
Lama kelamaaan teman-temannya mulai gak betah kepedesan. Lalu mulailah mereka mencari minum....Dicari kemana-mana ga ketemu itu air minum....
"Wuuussshhh...asshhhh...minumnya mana nih....ga kuat aku....sssss...hhhh....." dengan wajah memerah menahan pedas,temannya mencari-cari minum....
"Nah...ini minuman specialnya...Es Kelapa Muda langsung dari kebun...nah...monggo diminum..tapi ini syaratnya lain...kalau minum harus baca BISMILLAH...Harus baca BISMILLAH....."
Teman-temannya yang sudah kepedesan itu spontan langsung baca bismillah dan meneguk es kelapa muda itu hingga tandas...masih dengen mulut kepedasan, temannya bertanya....
"Kenapa sih...kamu bikin aturan kaya gini..Sebelum makan kita dilarang baca Bismillah, giliran kepedesen mau minum ente suruh baca Bsimillah...kenapa??"
"He...he...aku tadi pengen ngerjain setan..kan kalau kita gak baca Bismillah, setan ikut makan bareng kita kan...nah saya biarin aja tu setan makan sambel teri terong kita yang sengaja saya bikin pedas ini...sampe sampeyan semua kepedesen, kan setan juga pasti kepedesan...nah pas minum, saya sediakan es degan segar ini, tapi harus baca Bismillah...jadi sampeyan semua dapat segernya ilang pedesnya...lha setan ga dapat minum karena kita baca Bismillah...jadi biar mampus kepedesan aja tu setan...wkwkwkwkwk....."

Oleh: Oky Rachmatullah