Pengakuan Orang Barat terhadap Sikap Mulia Shalahuddin al-Ayyubi

6/03/2015

Pengakuan Orang Barat terhadap Sikap Mulia Shalahuddin al-Ayyubi

Pembaca Pustama
Pada kesempatan ini, Pustaka Madrasah akan menuangkan perkataan-perkataan orang-orang Barat sebagai pengakuannya terhadap sikap mulia Shalahuddin al-Ayyubi. Perlu diketahui bahwa, Shalahuddin al-Ayyubi adalah seorang panglima perang yang menaklukkan Baitul Maqdis dalam perang Salib. Namun demikian, sikap dan perangai sang panglima kepada orang-orang Nasrani sangatlah mulia. Berikut penuturan-penuturan orang-orang Barat terhadap beliau:
1.        Maxine Rodinson, orientalis asal Perancis ahli sejarah agama berkata, “Musuh terbesar, Shalahuddin al-Ayyubi telah menimbulkan kekaguman yang luas di kalangan Barat. Ia telah melakukan peperangan dengan menjunjung tinggi sisi kemanusiaan dan kepahlawanan, walaupun jarang ada orang yang membalas baik atas sikap-sikapnya ini. Di antara mereka yang paling penting adalah Richard sang hati singa.”
2.        Thomas Arnold berkata, “Tampak jelas bahwa akhlak Shalahuddin al-Ayyubi dan kehidupannya yang penuh dengan kepahlawanan telah menimbulkan pengaruh besar dan sihir yang khusus di telingan kaum Nasrani. Bahkan sebagian dari para pahlawan Nasrani karena sangat terpengaruh dengan Shalahuddin rela meninggalkan agama Nasrani, meninggalkan kaumnya dan bergabung denga kaum muslimin.”
3.        Will Durrant berkata, “Shalahuddin adalah orang yang berpegang teguh dengan agamanya hingga titik paling dalam. Ia sangat keras terhadap para pejuang tempat ibadah dan rumah sakit. Akan tetapi, biasanya ia sangat kasihdan terhadap orang-orang lemah dan orang-orang yang terkalahkan. Ia bersikap mulia dengan memenuhi janjinya sehingga menjadikan para sejarawan Nasrani merasa heran, bagaimana agama Islam (yang salah dalam pandangan mereka) mencetak tokoh yang mencapai keagungan seperti ini.”
Demikian pembaca Pustama, pengakuan-pengakuan orang Barat terhadap sikap mulia Shalahuddin al-Ayyubi. Semoga bermanfaat.



Disarikan dari Raghib as-Sirjani, Madza Qaddamal Muslimuna lil ‘Alam Ishamaatul al-Muslimin fi al-Hadharah al-Insaniyah, terj: Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia, Pentj: Sonif, dkk., Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2012