Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru untuk RA dan Madrasah Tahun Ajaran 2015/2016

6/09/2015

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru untuk RA dan Madrasah Tahun Ajaran 2015/2016

Sahabat Pustama
Salah satu hal yang merupakan rutinitas bagi setiap penyelenggara pendidikan tak terkecuali pada satuan pendidikan RA dan Madrasah pada awal tahun pembelajaran adalah adanya proses penerimaan peserta didik baru (PPDB). Proses ini merupakan proses awal pendataan dan seleksi peserta didik yang akan masuk pada RA dan Madrasah di tahun pelajaran baru. Adanya proses penerimaan peserta didik baru ini bertujuan untuk memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga Negara usia sekolah untuk memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya secara tertib, terarah, sistematis, transparan, dan berkeadilan.
Meskipun kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap awal tahun, taka da salahnya perlu kita ingat kembali beberapa hal yang menjadi prinsip dalam penerimaan peserta didik baru pada RA dan Madrasah, yakni:
1.      Semua anak usia sekolah memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan pada satuan pendidikan.
2.      Pada dasarnya tidak ada penolakan peserta didik baru (PPDB), bagi yang memenui syarat kecuali jika daya tampung di RA dan madrasah yang bersangkutan tidak mencukupi dan ketentuan waktu proses PPDB telah berakhir.
3.      Sejak awal pendaftaran, calon peserta didik dapat menentukan pilihannya, ke RA atau pada madrasah negeri atau swasta.
Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, supaya RA dan Madrasah memiliki acuan dan panduan dalam menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru yang tepat, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) senantiasa menerbitkan buku Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru. Oleh karena itu, silahkan download Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru bagi RA dan Madrasah Tahun Ajaran 2015/2016, pada tautan berikut.



Demikian info mengenal pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru bagi RA dan Madrasah Tahun Ajaran 2015/2016. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan Pustama, khususnya para guru semua.