Juknis Program Bantuan Siswa Miskin/Indonesia Pintar untuk Siswa Madrasah

6/09/2015

Juknis Program Bantuan Siswa Miskin/Indonesia Pintar untuk Siswa Madrasah

Sahabat Pustama
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan Undang Undang Dasar 1945, pemerintah berkewajiban untuk memberikan layanan pendidikan kepada seluruh warga negara. Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI sebagai salah satu unsur organisasi pemerintah yang menangani lembaga pendidikan Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) memberikan layanan pendidikan kepada siswa peserta didik dengan kecirikhasan Islam. Sebagian besar siswa madrasah berasal dari masyarakat kurang mampu, kurang beruntung serta berada di daerah terpencil, dan perbatasan. Peningkatan akses dan mutu pendidikan kepada masyarakat terus dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai faktor penting dalam pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang kehidupan serta untuk memajukan bangsa dan negara agar tercapai masyarakat yang berilmu, cerdas dan berkarakter.
Sasaran Program BSM/Indonesia Pintar untuk siswa madrasah adalah siswa MI, MTs, dan MA negeri dan swasta yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kepada setiap siswa yang menerima KIP/KKS/KPS atau yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan berhak menerima bantuan dengan besaran :
1.        Siswa Madrasah Ibtidaiyah : Rp. 225.000,-/siswa/semester, atau Rp. 450.000,-/siswa/tahun
2.        Siswa Madrasah Tsanawiyah : Rp. 375.000,-/siswa/semester, atau Rp. 750.000,-/siswa/tahun
3.        Siswa Madrasah Aliyah : Rp. 500.000,-/siswa/semester, atau Rp. 1.000.000,-/siswa/tahun
Pemanfaatan bantuan Program Indonesia Pintar dapat digunakan untuk keperluan pendukung biaya pendidikan siswa yang meliputi:
1.        Pembelian buku dan alat tulis;
2.        Pembelian pakaian/seragam dan perlengkapan sekolah;
3.        Pembayaran transportasi ke madrasah; dan
4.        Keperluan lain yang berkaitan dengan pembelajaran siswa di madrasah.
5.        Pihak madrasah ikut mengawasi penggunaan manfaat bantuan Program Indonesia Pintar sesuai peruntukannya.
Untuk dapat membaca juknis PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN / INDONESIA PINTAR UNTUK SISWA MADRASAH tahun 2015 Silahkan download di tautan berikut ini:


Demikian info juknis BSM / Indonesia Pintar tahun 2015 dari Pustaka Madrasah. Semoga bermanfaat. (sumber)