Inilah Mekanisme dan Cara Baru Pengelolaan NISN Siswa Madrasah

6/09/2015

Inilah Mekanisme dan Cara Baru Pengelolaan NISN Siswa Madrasah

Sahabat Pustama
Masalah NISN untuk siswa madrasah sekian lama seakan tidak ada solusi terkait sulitnya cara memperoleh. Kini melalui Surat Dirjen Pendis nomor: Dj.I/Set.I/1/PP.00/791/2015 sedikit memberi harapan terealisasinya kemudahan cara mendapatkan NISN bagi siswa madrasah (RA, MI, MTs dan MA).
NISN merupakan suatu layanan sistem pengelolaan nomor induk bagi siswa secara nasional. Layanan NISN ini dilakukan secara komputerisasi dan online. Siswa yang sudah terdaftar pada pusat layanan NISN akan memperoleh kode pengenal identitas siswa yang unik, dan berlaku sepanjang masa untuk membedakan antara satu siswa dengan siswa yang lain di seluruh sekolah/madrasah se-Indonesia.
NISN merupakan program yang dimulai pada tahun 2008 untuk siswa sekolah/madrasah. Hanya saja, akhir-akhir ini pengajuan NISN baru terutama bagi siswa dari Madrasah mengalami kesulitan. 
Bahkan tidak sedikit dijumpai kasus, siswa madrasah yang dulunya sudah tercantum sebagai pemilik NISN namun kemudian NISN-nya telah digunakan oleh siswa lain.
Di tengah ketidakjelasan pengajuan NISN bagi siswa Madrasah terdengan informasi yang menyebutkan bahwa pengajuan NISN bagi siswa dari MI/MTs/MA dapat melalui Pendataan EMIS Kementerian Agama. Lagi-lagi, hingga artikel ini ditulispun EMIS tetap belum bisa menjadi pintu masuk pengajuan NISN. Form pengajuan NISN di aplikasi EMIS-pun tidak dapat dimunculkan.
Semoga saja dengan diterbitkannya surat dari Dirjen Pendis mengenai Mekanisme Baru Pengelolaan NISN Siswa Madrasah tersebut, harapan untuk segera mendapatkan kemudahan dalam pengajuan NISN segera terwujud. 
Konon, dikeluarkannya surat tersebut di atas didasarkan kepada telah terjadinya kerjasama antara Kementerian Agama, Cq. Subbag Sistem Informasi Setditjen Pendidikan Islam (EMIS Pusat) dengan Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP Kemendikbud). Dari hasil kerjasama ini akan segera dikeluarkan Aplikasi Verifikasi dan Validasi peserta Didik (Aplikasi Verval-PD) khusus bagi siswa Madrasah. 
Aplikasi Verval-PD khusus siswa Madrasah ini segera dapat di akses melalui laman web:http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id.
Bagi yang menginginkan mendapatkan copy surat resmi Dirjen Pendis Kemenag tentang Mekanisme Baru Pengelolaan NISN Siswa Madrasah dapat diunduh pada tautan dibawah ini:


Demikian dari Pustaka Madrasah, Media Belajar Bersama. Semoga Mekanisme Baru Pengelolaan NISN Siswa Madrasah benar-benar memberi kemudahan dan Aplikasi Verval-PD dapat berjalan lancar dan segera dapat dimanfaatkan untuk pengajuan NISN siswa RA dan Madrasah. (sumber)