Gelar Keahlian Para Ahli Hadis

6/03/2015

Gelar Keahlian Para Ahli Hadis

Tags

Pembaca Pustama
Pada kesempatan ini, Pustaka Madrasah akan membahas tentang gelar-gelar yang ada pada imam-imam rawi hadis sesuai dengan keahlian, kemahiran, dan kemampuan menghafal beribu-ribu hadis beserta ilmu-ilmunya. Gelar-gelar keahlian itu ialah sebagai berikut.



1.        Amirul Mukminim fi al-Hadits
Gelar ini sebenarnya diberikan kepada para khalifah setelah khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq ra.. Para muhadditsin di masa itu seolah-olah berfungsi sebagai khalifah dalam menyampaikan sunnah. Adapun mereka yang mendapatkan gelar ini adalah Syu’bah Ibnu al-Hajjaj, Sufyan ats-Tsaury, Ishaq bin Rahawaih, Ahmad bin Hambal, al-Bukhary, ad-Daruquthny, dan imam Muslim.
2.        Al-Hakim
Gelar ini diberikan kepada imam-imam hadis yang menguasai hadis yang diriwayatkan, baik matan, sanad, ataupun jarh dan ta’dhil dari rawi-rawinya. Mereka juga harus dapat menghafal hadis lebih dari 300.000 hadis beserta sanadnya. Para muhaddisin yang mendapat gelar ini adalah Ibnu Dinnar, al-Latis bin Sa’ad, Imam Malik, dan Imam Syafi’i.
3.        Al-Hujjah
Gelar ini diberikan kepada imam yang sanggup menghafal 300.000 hadis, baik matan, sanad, maupun perihal si rawi. Para muhaddits yang mendapatkan gelar ini adalah Hisyam bin ‘Urwah, Abu Hudzail Muhammad bin al-Walid, dan Muhammad Abdullah bin ‘Amr.
4.        Al-Hafidz
Gelar ini diberikan kepada orang yang dapat mensahihkan sanad dan matan hadis dan dapat men-ta’dil dan men-jarh-kan rawinya. Mereka juga harus menghafal hadis-hadis sahih, mengenal rawi yang wahm, illat-illat hadis, dan istilah-istilah yang digunakan oleh ahli hadis. Menurut sebagian pendapat, al-Hafidz harus mempunyai hafalan 100.000 hadis. Para muhaddis yang mendapat gelar ini adalah al-Iraqy, Syaafuddin ad-Dimyaty, Ibnu Hajar al-Asqalany, dan Ibnu Daqiq al-‘Id.
5.        Al-Muhaddits
Menurut muhadditsin mutaqaddimin, al-Hafidz dan al-Muhaddits itu sama. Namun bagi muhadditsin muta’akhkhirin, al-Hafidz itu lebih khusus dari al-Muhaddits. Kata at-Taj as-Subhi, al-Muhaddits ialah orang yang dapat mengetahui sanad-sanad, illat-illat, nama-nama rijal, ‘ali dan nazil hadis, memahami kutubut tis’ah, musnad Ahmad, sunan al-Baihaqy, Mu’jam at-Tabary, dan menghafal hadis sekurang-kurangnya 1.000 buah. Sedangkan orang yang mendapat gelar ini adalah ‘Atha’ bin Abi Ribah (Mufti Mekah) dan Imam az-Zabidy (Mukhtashir kitab Bukhary-Muslim)
6.        Al-Musnid
Gelar ini diberikan kepada orang yang meriwayatkan hadis beserta sanadnya, baik menguasai ilmunya ataupun tidak. Al-Musnid juga disebut dengan at-Thalib, al-Mubtadi’, dan ar-Rawy.

Demikian Pembaca Pustama, gelar-gelar yang dimiliki para ahli hadis yang bisa Pustaka Madrasah bagi. Semoga bermanfaat.