Al-Abaadillah (Sahabat yang Terkenal dengan Sebutan Abdullah)

5/20/2015

Al-Abaadillah (Sahabat yang Terkenal dengan Sebutan Abdullah)

Tags

Sahabat Pustama
Kita tahu bahwa sahabat Rasulullah saw. adalah orang-orang yang mulia. Merekalah yang menemani Rasulullah dalam berjuang dan mendakwahkan agama Islam. Namun tahukah kamu, bahwa ada beberapa sahabat Rasulullah yang populer dengan sebutan Abdullah?
Ada empat orang sahabat yang bernama Abdullah yang hidup dalam satu masa dan ilmu mereka ketika itu sangat dibutuhkan. Banyak orang yang mengambil pendapatnya sebagai referensi dan pernyataan-pernyataannya sebagai sesuatu yang berharga, sehingga sering dikatakan, “Ini adalah pendapat Abaadillah.”
Keempat orang sahabat itu adalah Abdullah bin Zubair, Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Umar, dan Abdullah bin Amr bin Ash. Bahkan nama-nama mereka ini telah dihimpun oleh seorang ulama ke dalam satu bait nadzam sebagai berikut.

أَبْنَاءُ عَبَّاسِ وَعُمَرِ وَعَمَر # وَابْنُ الزُّبَيْرِ هُمُ الْعَبَادِلَةُ الْغَرَرُ

“Anak-anak lelaki dari Abbas, Umar, Amr, dan anak laki-laki Zubair adalah Abaadillah (orang-orang yang bernama Abdullah) yang berotak cemerlang.”

Sebenarnya ada satu lagi seorang sahabat yang bernama Abdullah yang juga berotak cemerlang, yaitu Abdullah bin Mas’ud. Namun karena beliau meninggal dunia lebih dahulu, sehingga tidak termasuk kelompok yang populer dengan nama Abdullah tersebut.
Ibnu Shalah menyebutkan, bahwa sahabat-sahabat yang bernama Abdullah kurang lebih berjumlah dua ratus dua puluh orang. Menurut Al-Iraqi, lebih dari tiga ratus orang.

______
Referensi
Muhammad Alawi al-Maliki, Ilmu-Ilmu Hadis, Pustaka Pelajar: Yogyakarta, Cet. III.