Aku tak Cemas saat Datang Haid

5/07/2015

Aku tak Cemas saat Datang Haid

Tags

A.      Mengenal Darah Haid
Allah swt. menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk. Dia juga yang menciptakan laki-laki dan perempuan dengan berbagai macam bentuk kulit, bahasa, dan lainnya. Semua perbedaan itu agar mereka saling mengenal satu dengan lainnya, bukan untuk diunggulkan. Hal itu karena sebaik-baik manusia adalah karena takwanya.
Allah swt. menciptakan jenis kelamin laki-laki dengan memiliki kekhususan. Demikian juga, Allah swt. menciptakan jenis kelamin perempuan juga memiliki kekhususan tersendiri. Salah satu kekhususan yang dimiliki perempuan adalah mereka akan mengalami datang bulan atau biasa disebut dengan menstruasi atau haid.
Haid itu adalah darah yang keluar dari rahim seorang wanita dalam keadaan sehat. Keluarnya darah haid memberikan tanda bahwa tubuh seorang wanita telah sempurna. Seorang wanita jika telah mengalami haid, maka dia sudah balig. Dia sudah menjadi orang mukallaf, yang berarti dia harus mengerjakan segala perintah Allah swt. dengan penuh tanggungjawab.
Coba carilah bagaimana anggapan orang-orang dahulu tentang darah haid?  Apa maksud keluarnya darah haid menunjukkan tubuh seorang wanita telah sempurna?

B.      Darah-Darah yang Keluar dari Rahim Wanita
Untuk menambah pengetahuanmu tentang hal-hal yang dialami wanita, kamu perlu mengetahui tentang macam-macam darah yang keluar dari tubuh wanita. Dengan pengetahuanmu ini, diharapkan kamu tidak cemas atau bingung ketika kamu mengalami hal demikian. Ada tiga jenis darah yang keluar dari tubuh (Rahim) seorang wanita, yaitu:
1.       Darah haid
Darah haid adalah darah yang keluar secara berkala pada tiap bulannya. Keluarnya darah haid tidak diakibatkan oleh suatu penyakit, tetapi adanya hormone di dalam tubuh. Oleh karena itu, jangan pernah khawatir ketika kamu mengalami hal itu.
Mengapa wanita yang hamil tidak keluar haid?

2.       Darah nifas
Darah nifas adalah darah yang keluar dari rahim seorang wanita akibat melahirkan. Bagi seorang ibu, mereka tak perlu khawatir ketika mengalami hal demikian. Hal itu karena sudah menjadi fitrah wanita.

3.       Darah istihadah
Darah istihadah adalah darah yang keluar dari rahim seorang wanita akibat penyakit. Terhadap darah ini, kamu perlu segera berkonsultasi dengan dokter agar segera ditindaklanjuti.
Bagaimana cara membedakan antara darah haid dan darah istihadah? Bagaimana cara membedakan antara darah nifas dan darah istihadah?

C.      Sikap ketika Mengalami Haid
Hal yang mesti kamu lakukan ketika mengalami darah haid, terlebih jika terjadi untuk pertama kali adalah hindari sikap cemas. Selanjutnya, janganlah malu untuk mengutarakannya kepada ibumu ataupun kakak perempuanmu di rumah agar mendapatkan bimbingan. Jika hal-hal tersebut telah kamu lakukan, maka selanjutnya kamu perlu mengetahui hal-hal yang dilarang saat haid. Larangan-larangan tersebut adalah:
1.       Mengerjakan salat
2.       Mengerjakan tawaf
3.       Menyentuh, membawa, dan membaca al-Qur’an
4.       Berdiam di dalam masjid
5.       Berpuasa
6.       Bersenggama
7.       Suami dilarang menalak istrinya yang sedang haid
Wah, banyak juga ya larangan bagi wanita yang sedang haid.
Larangan-larangan di atas juga termasuk bagi wanita yang sedang nifas. Akibatnya, ketika kamu sedang haid, kamu tidak diwajibkan lagi mengerjakan salat, artinya kamu tidak perlu mengganti salat pada waktu yang lain. Begitu juga kamu dilarang berpuasa. Namun kamu wajib mengganti puasamu pada hari-hari yang lain.
 Bolehkah seorang wanita haid berzikir pagi dan sore?

D.      Sikap ketika Selesai Masa Haid
Masa keluarnya darah haid bagi tiap-tiap wanita berbeda-beda. Sebagian ada yang singkat dan sebagian lagi ada yang lama. Para ulama menjelaskan bahwa masa minimal haid adalah satu hari satu malam. Sedangkan masa maksimal untuk haid adalah 15 hari. Jika kurang atau lebih dari masa tersebut, maka disebut darah istihadah.
Walau dilarang membaca al-Qur’an, mengerjakan salat dan lainnya, sebaiknya seorang wanita tetap harus selalu ingat kepada Allah. Adapun jika masa haid telah selesai, maka segeralah untuk bersuci. Cara bersuci dari haid adalah dengan mandi besar.
 Apakah wanita yang mengalami darah istihadah juga tidak wajib salat?

_____
ket. gambar diambil dari sepedakwitang.wordpress.com